Rabu, 18 Agustus 2010

Jadi Mahasiswa Kedokteran

Nggak terasa, sekarang saya udah berstatus mahasiswi. Meski masih imut2 (huex), masih 18 tahun,  masih polos, masih baru banget, masih nggak tau apa-apa. Yaaa, dibandingkan dengan senior –senior ku yang udah makan asam garamnya dunia perkampusan, nilaiku  tuh masih nol  koma. 

Kampusku Mercusuar
Well, orang sering bilang kalau FK paling bagus di Indonesia itu adalah UI, UGM, dan unair. Yang keempatnya UNDIP tapi undip sering ga disebut… (jadi sedih deh). Ketika pertama kali ngelihat dari luar, lumayan bagus. Mmm… ternyata fk undip punya dua tempat kuliah  Jtapi semester-semester awal  saya kuliah di  bangunan lama. Yang namanya bangunan lama… pasti kesannya gimana…gitu. Saya kuliah di ruangan yang cukup besar, satu kelasnya ada sekitar 90-orang. Kebayang kan kalau di CMBBS, segitu udah satu marhalah. saya belum pernah punya teman sekelas sebanyak itu. Di SD, paling 30-an, SMP 40-an, SMA… riang gembira… Cuma <19 orang sekelas. Lah, ini 90… belum lagi plural banget orang-orangnya. Dari beragam daerah dan suku. Ada yang muslim, , Kristen, hindu, budha… ada semua disini. Yang jelas semuanya adalah orang  Yang jelas semuanya adalah orang  yang cerdas-cerdas. n’kalau ditanya pasti mayoritas adalah Juara Umum di sekolahnya masing-masing. Mereka adalah orang hebat yang datang dari seluruh Indonesia (well,  meski gitu tetep mayoritas Jawa… dan dosennya pun kadang mengajar dengan bahasa  Jawa).
Terus, kalau dibilang  bakal ngubek2 mayat, itu baru bisa dilakuin pas semester dua...
 Kuliah di semester pertama, pelajarannya gak jauh-jauh dari SMA, ada kimia, fisika, biologi, PKN, agama, dan masih ada olah raga. Cuma memang pembahasannya lebih mendalam dan menjurus terhadap hal-hal yang berhubungan dengan kedokteran. Contohnya Kimia, disitu lebuh ditekankan pada materi mengenai senyawa-senyawa karbon. Dari yang sederhana sampai bagaimana jadi menyusun zat-zat yang ada dalam tubuh spt. Protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin. Fisika juga kebanyakan aplikasi seperti  fisika termal, viskositas, optik, listirik, juga sedikit fisika radiasi. Kalau biologi,  ada biologi sel, terus genetika, imunologi, proses penuaan, dan Reproduksi yang akan dibahas tuntas-tas-tas .Ya.. mau gimana lagi. Untungnya gak ada Matematika… fhew… jadinya emang anak FK itu agak lemah soal itung2an. Tp, hafalannya subhanallah berjibun. So, kudu siap cara menghafal yang baik. O,ya di sini kita banyak melakukan praktikum. Satu minggu bisa tiga kali. 

kadafer bagus banget
Beranjak semester dua, baru kerasa dech jadi mahasiswa fk beneran. Anatomi yang menguras energi fisik dan spiritual (seperti pelahap maut yang menyedot kebahagiaan orang). Histologi yang harus memicingkan mata coz ngeliat mikroskop. Biokimia yang menurutku adalah "pelajaran mengkhayal" karena gak ada yang bisa dilihat dari senyawa2 biokimia yang digambarkan. atau Fisiologi yang soal ujiannya ambigu. Well, semua harus dihadapi dengan senyuman.
Emang sih, dari tahun ke tahun kalo ditanya kuliah paling horor apa, pasti jawabannya adalah anatomi. pertama kali masuk lab anatomi langsung disergap hawa kematian, dingin dan bau bauan aneh. gak jarang ada yang langsung lemes. apalagi pas ngeliat kadafer. Well, tapi tenang aja semua itu akan berlalu. hawa dingin akan berganti dengan hawa panas alias karena sumpek, hawa kematian akan berganti dengan hawa kehidupan karena cuap-cuap mahasiswa yang cenderung menjadi seperti pasar yang ramai. dan bau-bauan aneh.... hahahaha itu akan menempel pada diri anda dan andapun akan terbiasa karenanya.:9
Banyak suka-dukanya jadi mahasiswa kedokteran, saking banyaknya gak bisa ditulis sekarang.... ya, sabar ya... tunggu saja postingan selanjutnya...sipsipsip.

Doctor...
to cure is sometime
to treat is often
to comfort is always.
(dari sebuah buku)

1 komentar:

  1. www.cetakbukuimpor.com. Susah cari buku referensi atau jurnal internasional? Kami mencetak kembali textbook terbitan luar negeri dan paper dari jurnal internasional dengan harga murah, berwarna dan/atau hitam-putih dengan gradasi sehingga gambar masih jelas (bukan fotocopy). Textbook yang tersedia hampir semua jurusan dan spesialisasi mulai dari ekonomi, kedokteran, psikologi, teknik sipil, teknik industri, geologi, geofisika dll

    BalasHapus